Skip to content

Pergunakan sepeda motor sesuai kodratnya

Mei 4, 2011

sering kita ngeliat sepeda motor di sini yg dipergunakan tidak sesuai dengan kodratnya…seperti yg pernah saya post di artikel yg berjudul “mereka tidak seharusnya begini….“, kita juga secara ngga sadar sering memperlakukan tunggangan kita tidak sesuai dengan kodratnya…seperti, motor matic dipake untuk touring jarak jauh…well, seperti yg kita tau kalo yg nmanay motor matic itu itu buat dalam kota..alat transportasi jarak pendek..dari sini-situ aja..

Motor Matic

seperti yg udah saya sebutkan diatas, bahwa motor matic itu kodratnya sebagai motor dalam kota..motor komuter, buat jarak pendek aja…nah, kenyataannya banyak yg dipake buat touring jarak jauh (jujur, pernah juga sih buat mudik😀 ), buat angkut barang dagangan dll…so, wajar aja ni motor ngga nyaman dipake jarak jauh..ato bahkan mungkin bannya miring karena konstruksi suspensi belakangnya yg cuma sebelah…

jadi, ngga usah komplain kalo pake motor matic buat jalan jauh dan badan berasa pegel2 sampe 3 hari…bukan salah motornya, tapi salah sendiri..😀

Motor Bebek

nah..jenis motor yg paling banyak di Indonesia😀 motor bebek atau kalo di luaran sana namanya moped kodratnya mirip seperti motor matic..yaitu untuk dalam kota dengan jarak pendek juga…tapi motor bebek dirancang sedikit lebih ‘heavy duty’ dan lebih nyaman, dengan adanya sistem transmisi manual atau semi-otomatis yg terpasang di motor ini dan suspensi stereo shocknya…

nah, tapi banyak disini yg dibuat balapan…ini menyalahi kodratnya, karena Soichiro Honda bikin Honda Cub dulu bukan buat balapan..mesinnya ngga dirancang buat kebut2an…bukan performance oriented..so, balapan bebek sebenernya sudah menyalahi kodratnya sebuah motor bebek itu sendiri..😀

Motor Sport/Touring

lanjutt…motor sport touring…nah, motor jenis ini kodatnya adalah buat dalam kota dan buat touring…karena di desain dengan ergonomi yg nyaman supaya bisa tahan jalan jauh..dengan mesin yg lebih ke arah daya tahan, bukan performa..jadi, bawa motor ini nyentul rasanya udah menyalahi kodrat, karena bukan buat balap2an..

Motor Sport/Racing

motor sport berfairing biasanya di desain sebagai motor sport murni yg performance oriented…ergonomi yg kurang nyaman buat berlama2..apalagi buat yg di bonceng..karena biasanya desain jok motor sport murni seperti ini menyiksa boncenger😀 , jadi buat yg suka ngeluh kalo dibonceng motor macem ini..ya bukan salah motornya..situ aja yg nyalahin kodratnya motor sport😀

11 Komentar leave one →
  1. Mei 4, 2011 3:25 pm

    setuju, salahin aja si Norman yang masih bergoyang:mrgreen:

  2. Dismas permalink
    Mei 4, 2011 5:33 pm

    Kelebihan pake motorsport : Kemungkinan diliatin sama UG makin besar…

    • Mei 5, 2011 7:46 am

      begitu buka helm fullface, UGnya muntah…
      wkwkwkwk

  3. Basho permalink
    Mei 4, 2011 6:54 pm

    Like this bro😉

  4. Mei 5, 2011 1:54 am

    klo gitu cari motor campur2 aja deh.. skuter campur sport campur touring.. layaknya honda dn01😀

  5. Mei 5, 2011 10:38 am

    lah banyak tuh sekarang motor sport buat jualan..xixiixix:mrgreen:

    • Mei 5, 2011 10:50 am

      kalo buat jualan mah pake motor yg ada gerobaknya di belakang…baru cocok…

  6. hakunamatata permalink
    November 9, 2013 4:01 pm

    y nnti gw coba pake viar roda 3 buat touring mosok kalah sama bajaj roda 3 bisa mudik jakarta jateng_pp yg gak prnah ngeluh sama mesin tuwirnya,apapun motore yg penting nekad traveller aja brai !?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: